top of page

Outdoor atau Indoor Ya?

Venue merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan acara pernikahan kalian, sekarang ini banyak sekali vendor tempat pernikahan yang bermunculan mulai dari Indoor, Semi Outdoor atau Outdoor, nih kita punya salah satu saran yang bisa jadi pertimbangan kalian untuk menentukan tempat pernikahan, yukk simak:

1. Konsep Wedding Dream

unsplash.com

unsplash.com

Kamu dan pasangan mengimpikan pernikahan seperti apa sih? Yang tradisonal, fairytale, garden party, beach party, atau yang lebih elegant wedding. Dari konsep yang kamu pilih akan sangat mempengaruhi venue impian kamu, kalo kamu mau pernikahan yang lebih terkesan elegant dan mewah atau yang tradisional lebih baik kamu memilih indoor wedding, karena dekorasi yang terkesan mewah atau dekorasi yang mengandung unsur adat akan sangat terlihat cantik nan megah, selain itu dua konsep pernikahan tersebut sangat identik dengan pernikahan formal. Nah kalo kamu mau yang lebih intimate dan natural dengan orang-orang special, kamu bisa memilih outdoor, segala interaksi di acara pernikahan kamu akan menyatu dengan ambience dari alam, secara tidak langsung itu akan membangkitkan emosi kehangatan antara kamu dan tamu yang hadir.

2. Budget

unsplash.com

Of course, one of the most important, sesuaikanlah kebutuhan budget kamu dengan venue yang kamu pilih, setiap venue indoor ataupun outdoor saat ini sudah mulai mempunyai rekanan masing-masing mulai dari yang budget rendah atau yang selangit sekalipun, untuk indoor terutama venue favorit di daerah jabodetabek hampir semuanya sudah mempunyai rekanan vendor masing-masing, dan biasanya mereka (dekorasi, catering, photo, enetertaiment dan sebagainya) akan mematok harga sesuai dengan standard tempat pernikahan tersebut, sedangkan untuk outdoor saat ini masih beberapa yang menerapkan sistem rekanan seperti beberapa venue favorit di daerah jakarta dan sekitarnya, tapi masih banyak juga yang belum menerapkan sistem rekanan, jadi kamu masih bebas menggunakan vendor impian kamu, bahkan saat ini pun mulai bermunculan rumah dengan halaman atau tanah lapang yang luas untuk di sewakan seperti beberapa venue outdoor di daerah Bogor dan Depok.

3. Lokasi

unsplash.com

Ini juga salah satu faktor penentu loh dear, lokasi venue indoor hampir para bride to be bisa mencarinya di lokasi strategis karena memang sudah sangat banyak gedung-gedung khususnya di kota-kota besar yang dijadikan tempat pernikahan, mulai dari gedung pertemuan, hotel, aula tempat ibadah, ballroom dengan kapasitas besar bahkan perkantoran pun saat ini dijadikan sebagai venue pernikahan, selain itu karena gedung tersebut setiap harinya di gunakan untuk pengunjung dengan kapasitas besar, jadi kalian tidak perlu worry untuk akses dan parkiran. Nah sedangkan untuk outdoor saat ini hanya beberapa yang memiliki lokasi yang strategis kecuali kalo kamu memilih venue outdoornya di restaurant atau roof top hotel, selain kendala akses lokasi, untuk venue outdoor biasanya kapasitas parkiran pun sangat terbatas.

4. Tamu Undangan

unsplash.com

Nah yang keempat adalah tamu undangan, jika pernikahan kamu akan di hadiri oleh cukup banyak tamu, especialy tamu VIP, kami sangat sarankan untuk menggunakan indoor venue, itu akan membuat tamu kamu merasa nyaman, bahkan saat berinteraksi dengan tamu lainnya. Beda lagi jika tamu yang akan kamu undang hanya keluarga, saudara, kerabat dan teman-teman terdekat tentunya kamu bisa memilih outdoor.

5. Cuaca

unsplash.com

Cuaca adalah salah satu faktor terbesar yang akan mempengaruhi pertimbangan pemilihan venue indoor atau outdoor, tentu kamu harus tau cuaca atau iklim yang sedang berlangsung saat itu, walaupun itu tidak bisa menjadi patokan mutlak Karena iklim Indonesia yang tidak menentu akhir-akhir ini. Jika kamu akan melaksanakan pernikahan di akhir tahun atau menjelang awal tahun kami sarankan untuk menggunakan indoor, karena saat itulah intensitas hujan akan turun lebih besar. Jika kamu sangat mendambakan pernikahan di outdoor kamu bisa melaksanakannya di pertengahan tahun, dan untuk mengurangi risiko, kamu bisa mencari venue semi outdoor dimana tempat tersebut menyiapkan indoor dan outdoor.

Itu lah beberapa pertimbangan untuk kamu dalam pemilihan venue, sebenarnya semuanya kembali ke kamu ya dear, mau indoor atau outdoor yang terpenting kamu dan pasangan bisa menikmati acara dan that’s really wedding dream kamu, supaya ga nyesel di kemudian hari, dan selalu punya rencana cadangan ya dear untuk antisipasi segala kemungkinannya.

Love you from Kamadesta


Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook App Icon
bottom of page