top of page

Apa sih Fungsinya Wedding Organizer?



Sebelum ke Wedding Organizer (WO), kita bahas dulu mengenai Wedding Planner ya…


Wedding Planner adalah jasa yang membantu mengatur sebuah acara pernikahan mulai dari mengatur pembiayaan, membuat konsep, memilih vendor dan segala keperluan yang mengikutinya. Wedding planner berjalan sebelum hari-H, bisa H-6 bulan atau bahkan lebih, jadi cakupannya lebih luas dan lebih lama waktu kerjanya.


Setelah apa yang dipersiapkan sebelum hari-H selesai, barulah Wedding Organizer beraksi. Wedding organizer bertugas untuk mengkoordinasi setiap vendor dan keluarga yang bertugas di hari-H. Sekitar H-2 minggu vendor-vendor wedding akan dikumpulkan dalam Technical Meeting. Technical Meeting tersebut akan membahas tentang fasilitas apa saja yang diberikan vendor hingga rundown acara. Setelah Technical Meeting, Wedding Organizer akan kembali menghubungi vendor-vendor wedding dan pihak-pihak yang akan terlibat di acara pernikahan pada H-1. Pada saat hari-H, WO bertugas mengatur jalannya acara agar sesuai seperti yang telah direncanakan. Sebelum acara dimulai, WO akan memastikan para pelaku acara sudah berada di lokasi.


Secara teknis, area kerja WO dibagi menjadi dua, yaitu area luar dan area dalam. Area luar adalah area penerima tamu. Di area ini WO bertanggung jawab untuk penerimaan tamu, kotak angpao, kado dan tamu VIP. Sedangkan di area dalam, WO bertanggung jawab untuk mengatur acara, flow tamu, flow foto, tamu vip serta keperluan pengantin dan orang tua di atas pelaminan.

Selain itu, WO juga bertanggung jawab untuk check list fasilitas dari vendor, seperti item dekorasi, masakan catering dan lain-lain. Dalam pengecekan ini biasanya WO akan didampingi oleh pihak keluarga dan pic vendor terkait.


Selain check list, yang tidak kalah penting adalah tugas WO sebagai reminder dan time keeper. Sebuah acara pernikahan tentunya tersusun atas acara-acara yang beruntutan, mulai dari make up, penyambutan, akad, foto, resepsi dan lain-lain. Hal ini tentu memerlukan waktu, apalagi jika acara pernikahan dilaksanakan di gedung dengan waktu yang terbatas. Di sini lah peran WO untuk memastikan setiap acara dapat berlangsung dalam waktu yang telah di tentukan.


Ternyata banyak juga ya fungsi WO untuk mendukung sebuah acara pernikahan. Tapi jangan khawatir, semua yang ditulis di atas adalah yang sudah pernah dikerjakan oleh Kamadesta Wedding, jadi kamu gak perlu pusing mikirin WO mana yang bisa handle semua itu. Kalau masih bingung atau pengin sharing tentang rencana pernikahan kamu, yuk hubungi Kamadesta Wedding aja.


Salam hangat,

Kamadesta Wedding

Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook App Icon
bottom of page