top of page

Dengan Cara Ini, Biaya Perniakahanmu Gak Akan Membengkak

Mengatur budget untuk sebuah pernikahan memang bukan hal yang mudah ya. Banyak hal yang perlu diperhatikan, termasuk supaya biayanya gak membengkak. Nah, beberapa tips di bawah ini bisa jadi inspirasi untuk mengatur budget pernikahan kamu. yuk, kita liat apa aja tipsnya :

1. Batasi Undangan Fisik

wedding invitation

kamadesta wedding

Sebelum memesan undangan, pastikan kamu membagi para tamu undanganmu menjadi dua kategori yaitu penerima undangan fisik dan undangan online. Calon penerima undangan fisik adalah orang-orang yang (1) jadi prioritas karena kedekatan mereka denganmu atau keluarga (2) tidak aktif berselancar di media sosial. Semisal: saudara-saudaramu yang sudah tua, kolega orang tuamu, kolega kerja yang posisinya lebih tinggi darimu.

2. Manfaatkan Teknologi Digital

laptop

microsoft.com

Zaman canggih seperti saat ini terwujud dari pemikiran orang-orang yang ingin menyederhanakan kebutuhan tiap manusia. Gunakan fasilitas ini untuk membuat undangan dan menyebarkannya kepada tamu undangan. Desain undangan pun bisa kamu buat secara online atau menggunakan software khusus untuk desain.

Internet ada untuk membantu kamu membuat desain. Cari gambar-gambar terbaru di internet yang bisa menjadi inspirasi bagi kamu untuk membuat undangan. Dalam pesta pernikahannya pun, kamu bisa memanfaatkan teknologi ini untuk memberi kesan meriah dengan diputarnya lagu-lagu dari smartphone atau laptop kamu.

3. Sewa Seragam Pernikahan

baju pengantin

kamadesta wedding

Gak jarang, dana pesta bisa bengkak untuk membeli baju seragam seluruh keluarga besar yang jumlahnya tidak cukup dihitung dengan jari. Apalagi ada dua keluarga besar. Sebenarnya hal ini bisa diakali, kok. Manfaatkan jasa wedding organizer yang menyediakan persewaan baju sekaligus make up. Sewa seragam keluarga demi menghemat biaya. Tapi tentunya kamu perlu mengkomunikasikan keputusan ini dengan keluarga. Apakah mereka sepakat, atau merasa menyewakan baju untuk anggota keluarga lain dianggap sebagai bentuk kurang hormat.

Selain sewa, ada juga sistem lain yang sering disebut bikin-sewa. Lewat cara ini, kamu berkolaborasi dengan wedding organizer mu untuk membuat pakaian yang sesuai dengan kebutuhan pestamu. Namun kemudian, pakaian ini tidak kamu miliki melainkan diambil oleh pihak WO untuk disewakan ke klien mereka yang lain. Cara ini cukup bisa menghemat biaya lho, biasanya kamu hanya perlu membayar 50% saja dari ongkos total.

Kalau pun akhirnya keluarga besarmu menghendaki untuk membuat seragam sendiri, pastikan kamu membeli bahan tidak mendekati hari-hari besar, karena saat hari besar seringkali harga kain akan naik drastis.

4. Berkreasi di Luar Ruangan

venue outdoor

kamadesta wedding

Kini, harga sewa gedung kian mencekik leher. Untuk kapasitas 500 orang saja kamu harus merogoh kocek puluhan juta. Itu baru gedung ya, belum katering-dekor-dan tetek bengek lain. Pernahkah kamu mempertimbangkan pesta pernikahan yang tidak harus melulu di dalam gedung?

Gak ada salahnya kamu coba membuat pesta outdoor minimalist seperti di halaman, lapangan, kebun ataupun di sekitar rumahmu. Harga sewa lahan terbuka cenderung lebih terjangkau di banding sewa gedung. Untuk dekor, kamu bisa gunakan bekerja sama dengan anak Jurusan Seni atau kawanmu yang hobi menghias kamar. Pesta outdoor itu gak perlu dekor yang heboh. Asal propertinya unik, pestamu pasti akan dikenang.

Keuntungan lain dari konsep pesta outdoor semacam ini adalah membuat tamu menjadi lebih akrab satu sama lain. Demi kenyamanan tamu undangan, pasang tenda di beberapa titik seperti tempat antrian makanan dan ucapan selamat agar para tamu tidak kepanasan. Dijamin aura pesta pernikahanmu lebih friendly dan sejuk dengan hamparan rumput hijau.

5. Hemat Dengan Gerobak Jajanan Langganan

pinterest.jp

Gak ada salahnya kamu mencoba mengundang para pedagang jajan keliling kesukaanmu untuk mengambil bagian dalam pesta pernikahanmu. Gerobak angkringan langgananmu? Atau tukang eskrim kesukaanmu? Tukang bakso yang sering mangkal didepan rumah? Kamu bisa coba negosiasi harga dengan mereka untuk mengisi stand makanan di pestamu. Pasti bakal lebih merakyat dan hommy.

Selain itu, pilihlah satu main course, dan perbanyaklah variasi camilan, kue kering, ataupun buah segar. Maka budget kateringmu tidak membengkak.

6. Menggunakan Jasa Rekan

fotografer

pixabay.com

Menyewa fotografer pernikahan mungkin akan memakan biaya yang cukup banyak dalam mendokumentasikan pernikahan kamu. Mengapa tidak memanfaatkan rekan yang memiliki kamera serta hobi dalam fotografi? Selain kamu tidak terlalu banyak mengeluarkan dana atau mungkin bisa tidak sama sekali. kamu akan mendapatkan hasil dan manfaat yang sama yaitu dokumentasi pernikahan oleh teman-teman yang secara rela menyalurkan hobinya yang juga mendokumentasikan pernikahan.

7. Anggap Saja Sebuah Pesta

kamadesta wedding

kamu mungkin berpikir apa yang dimaksud dengan kata ‘pesta’ di sini saat sedang merencanakan membuat sebuah acara pesta pernikahan. Pesta perayaan pernikahan pada umumnya dianggap sebagai sebuah acara resmi yang merayakan sahnya status baru bagi pasangan pengantin baru sebagai suami dan istri. Pesta pernikahan identik dengan sentuhan bunga, pakaian mewah dan formal, serta centerpieces. Semua ‘identitas’ itu akan mengarahkan kamu untuk ‘harus’ menyediakannya ketika ingin mengadakan pesta pernikahan. Di mana keluarga dan rekan kamu akan datang dan memberikan ucapan selamat.

Hal yang perlu disadari, pesta pernikahan tidak ada hukumnya untuk diadakan secara resmi dan mengundang semua kenalan kamu. Anggap ini benar-benar sebagai sebuah pesta di mana tamu undangan akan hadir dan melakukan dua kegiatan yang penting memberikan selamat kepada kamu dan menikmati hidangan. Momen selanjutnya yang bisa diadakan adalah berkumpul dengan mereka, bercerita mengenai nostalgia masa lalu, dan melakukan hal lainnya.

sumber :

hipwee.com

cermati.com

Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook App Icon
bottom of page